Doa Untuk Orang Tua

Doa Untuk Kedua Orang Tua – Seperti halnya kita tahu, kedua Orang Tua adalah orang pertama yang paling berjasa di dalam hidup kita. Karena merekalah orang yang pertama merawat dan membesarkan kita sepenuh hati tanpa mengharapkan imbalan jasa.

Orang tua kita yang terdiri dari Ibu dan ayah yang memiliki peran masing masing dihidup kita. Contohnya ibu yang mengandung kita kurang lebih 9 bulan, hingga kita lahir ke dunia ini. Dan ayah mendidik kita serta menafkahi kita dari kita kecil hingga kita besar.

Mungkin tanpa orang tua kita tak jadi apa apa dan tidak akan ada didunia ini. Maka sepantasnya sebagai anak kita harus berbakti, menghormati, menyayangi dan mendoakan yang terbaik kepada orang tua kita.

Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Masih Hidup.

Doa Untuk Orang Tua
Doa Untuk Kedua Orang Tua

Berikut ini Doa Untuk Kedua Orang Tua yang masih hidup, yang harus anda hafalkan dan anda latunkan untuk mendoakan ibu dan ayah kita selagi masih hidup. Memang pendek doa kedua orang tua ini dengan tujuan agar mudah ada hafalkan. Bagi anda yang melafalkan doa ini dengan ikhlas maka doa ini akan sangat mustajab. Langsung saja berikut simak doa untuk kedua orang tua berserta artinya :

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allahuma Fighrilii Wa liwaa Lidhayya Warham huma Kamma Rabbayaa Nii Shaghiiraa.

Artinya :

“Wahai Tuhanku, Ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), Sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.”

Doa Memohon Ampunan Untuk Kedua Orang Tua

Adapun bacaan doa memohon ampunan untuk keuda orang tau kita. Doa ini hampir sama dengan doa diatas namun agak panjang, menyangkut semua saudara muslim, dan memiliki arti yang lengkap pula. Berikut Doa dan Artinya :

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَوَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa – dosaku dan dosa – dosa orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki – laki maupu n perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia. Dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampunan dan belas kasihanilah karena Engkau Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecual dangan pertolongan-Mu.”

Doa Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia

Doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal ini ditunjukan kepada kita sebagai anak. Dimana dapat kita amalkan setiap hari dan lebih baiknya sehabis sholat wajib. Berikut Bacan Doa dan artinya :

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya di dunia dengan rumah yang lebih baik di akhirat serta gantilah keluarganya di dunia dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka.”

Keutamaan Membaca Doa Untuk Kedua Orang Tua

Setalah kita mengatahui dan melafalkan Doa untuk kedua orang tua adapun juga keutamaan membaca doa tersebut. Yah memang selain doa ini bermanfaat bagi orang yang kita doakan, juga ada timbal balik, amal, faedah bagi diri kita sendiri. Nah berikut beberapa keutamaannya

  • Berbakti Kepada Orang Tua, Salah satu Amalan paling Utama

Berbakti kepada orang tua di dalam Agama Islam ini menduduki posisi yang cukup tinggi setelah Sholat. Hal ini cukup jelas di ucapkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu.

Abdullah Bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu berkata :

سَاَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ اَيُّ الْعَمَلِ اِفْضَلُ ؟ قَالَ : الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا , قَالَ قُلْتُ ثُمَّ اَيًّ ؟ قَالَ : بِرُّ الْوَ الِدَ يْنِ , قَالَ : قُلْتُ ثُمَّ اَيُّ ؟ قَالَ الْجِهَادُ فِى سَبِيْلِ اللهِ

Artinya :

“Aku bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: Amalan apakah yang paling utama?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: Shalat pada waktunya .
Aku bertanya lagi: Kemudian apa? Nabi menjawab: Berbakti kepada orang tua.
Aku bertanya lagi: Kemudian apa? Nabi menjawab: Jihad dijalan Allah”.

Selain itu didalam Al-Qur’an pun menyebutkan keutamaan berbakti kepada orang tua,

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Wa qadhaa rabbuka allaa ta’buduu ila iyyaahu wabil waalidaini ihsaanaa, Immaa yablughannal kibara ahaduhumaa au kilaahumaa falaa tahul lahumaa uffin walaa tanharhumaa waqul lahumaa qaulaan kariimaa

Artinya :

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al Isra : 23)

  • Memiliki Nilai atau Sepadan dengan Pahala s Jihad
  • Dilapangkan Rizki dan Dipanjangkan Usia kita
  • Salah Satu Jalan Menuju Surga Allah SWT.
  • Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT
  • Dan masih banyak lagi

Kesimpulan

Mari kita sayangi dan kita hormati kedua orang tua kita selagi masih hidup. Karena merekalah orang yang pertama kali menyayangi kita dengan ikhlas. Selagi mereka masih ada bahagiakanlah dan buatlah mereka bangga. Selalu doakan kedua orang tua kita diakhir sholat kita maupun diwaktu lain.

Selagi mereka masih ada bahagiakanlah dan buatlah mereka bangga. Selalu doakan kedua orang tua kita diakhir sholat kita maupun diwaktu lain.

Sekian ulasan mengenai Doa Untuk Kedua Orang Tua kita yang bisa kami share. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu kita, agar lebih bermanfaat bisa teman – teman share. Syukron !! 🙂

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like